Selasa, 19 Februari 2013

Cara Menulis Huruf Katakana

Sebagaimana huruf Hiragana, huruf Katakana juga mempunyai huruf lain selain 46 huruf yang sudah kita pelajari sebelumnya, yaitu dengan menambahkan tanda petik (") dan lingkaran kecil di pojok kanan, seperti di bawah ini:Ada juga dengan cara menambahkan "ya", "yu" dan "yo":Khusus Katakana, ada cara penulisan yang berbeda yang tentu saja memberikan bunyi yang berbeda, simak deh:Halah! Semakin banyak aja nih huruf.
Sabar, sabar... itu baru Hiragana and Katakana, belum lagi Kanji-nya.
Daripada ngedumel sendiri, udah, belajar nulis gih...!

Cara Menulis Huruf Katakana

Huruf Katakana biasa dipakai untuk menulis nama negara, nama tempat dan kata-kata serapan dari bahasa asing, termasuk nama-nama kita yang bukan orang Jepang.
Huruf Katakana mirip dengan Hiragana (terkadang malah lebih mudah Katakana). Perbedaan utama dari keduanya adalah Katakana terbuat dari garis-garis lurus, sedangkan Hiragana lebih enderung memakai garis lengkung. Gak percaya? Coba deh amati ya...

1. Cara menulis a-i-u-e-o:
2. Cara menulis ka-ki-ku-ke-ko:
3. Cara menulis sa-shi-su-se-so:
4. Cara menulis ta-chi-tsu-te-to:
5. Cara menulis na-ni-nu-ne-no:
6. Cara menulis ha-hi-hu-he-ho:
7. Cara menulis ma-mi-mu-me-mo:
8. Cara menulis ya-yu-yo:
9. Cara menulis ra-ri-ru-re-ro:
10. Cara menulis wa-(w)o-n:


Nah, itu tadi 46 huruf dasar Katakana.
Sekarang, ambil kertas, ayo latihan menulis huruf Katakana sampai pagi, eh salah... sampai hapal ya...!

Cara Menulis Huruf Hiragana (2)

Oh iya, hampir lupa. Di samping 46 huruf Hiragana yang sudah disampaikan di posting sebelumnya, berikut ini juga merupakan bagian dari Huruf Hiragana. Coba lihat cara bacanya, beda kan?Sebenarnya penulisannya sama dengan huruf asalnya, cuma ditambahi tanda petik (") dan lingkaran kecil di atas hurufnya seperti simbol derajat Celcius itu loh.
Terus, ini ada tambahan huruf untuk bunyi yang lain:Tambahkan huruf kecil (lebih kecil dari asalnya): ya (や), yu(ゆ) dan yo(よ) di belakang huruf yang diikuti, jadi deh bunyinya berbeza.
Udah koq, itu aja.
Hi..hi.. ternyata huruf Hiragana lebih dari 46 ya, coba hitung: 46+25+33=104 huruf dasar plus kombinasi!
Wah...wah... wah...!

Cara Menulis Huruf Hiragana

Udah ngerti kan gimana baca huruf Hiragana?
Sekarang ayo kita belajar cara menulis huruf Hiragana. Inget ya, menulis huruf Hiragana (juga Katakana dan Kanji) itu ada urut-urutannya. Sangat disarankan kita juga menulisnya dengan urutan yang benar.
Ini dia urut-urutan cara menulis huruf Hiragana:

1. Cara menulis a-i-u-e-o:2. Cara menulis ka-ki-ku-ke-ko:3. Cara menulis sa-shi-su-se-so:4. Cara menulis ta-chi-tsu-te-to:5. Cara menulis na-ni-nu-ne-no:
6. Cara menulis ha-hi-hu-he-ho:
7. Cara menulis ma-mi-mu-me-mo:8. Cara menulis ya-yu-yo:9. Cara menulis ra-ri-ru-re-ro:
10. Cara menulis wa-o(atau wo)-n:

Susah ya lihatnya? Kalau mau mudah, paskan posisi setiap 5 huruf di atas pada layar komputer, terus tekan PrtScr (Print Screen, bisa juga dengan sambil menekan Ctrl atau Alt), kemudan di-Paste di Picture Manager, di-edit/di-crop. terus di-print deh... pasti enak dibaca.
Oh ya, cara belajarnya samain aja sama anak-anak yang lagi belajar a-b-c-d itu, ambil 5 huruf, kemudian belajar menulis 1x, 2x, 3x terus diulang sampai urutan menulis, dan bentuk hurufnya sama dengan di atas. Yang penting, tentu saja sampai hapal ya..!
Just info aja, aku perlu waktu 2 minggu buat ngapalain cara menulis 46 huruf Hiragana di atas.
Kalau aku aja bisa, tentu kamu bisa lebih cepat. Pasti itu! Coba saja.

Mengenal Huruf Hiragana dan Katakana

Huruf dalam Bahasa Jepang memang tidak sesederhana Bahasa Indonesia yang cuma memiliki 26 huruf, Bahasa Jepang terdiri dari huruf Hiragana, huruf Katakana dan Kanji. Wuah...! Hiragana sendiri, punya 46 karakter huruf yang mewakili 46 bunyi yang berbeda. Nah lo...!
Dalam pemakaiannya, Hiragana dipakai untuk menyatakan elemen tatabahasa seperti partikel dan akhiran kata sifat dan kata kerja yang menunjukkan tatabahasa. Sedangkan Kanji lebih menyatakan elemen yang memiliki arti seperti kata benda, kata kata sifat dan kata kerja. Entar deh, kalau udah jauh, pasti mudah koq membedakan mana yang harus pakai Kanji dan mana yang cukup pakai Hiragana.
Sangat mungkin menulis kalimat Bahasa Jepang dalam Hiragana. Kadangkala orang dewasa pada saat lupa huruf Kanji (hi..hi.. orang Jepang juga suka lupa Kanji loh!), ia memakai Hiragana untuk menggantikan Kanji tersebut. Sebagaimana anak-anak Jepang, aku mulai belajar menulis dan membaca Bahasa Jepang dengan mengenal huruf Hiragana sebelum mempelajari lebih jauh Kanji yang jumlahnya ribuan itu. Oce.
Sekarang ayo kita belajar mengenal huruf Hiragana.
Ini dia 46 huruf Hiragana:
Huruf Katakana biasa dipakai untuk menulis kata serapan dari bahasa asing. Sebagaimana alfabet, huruf Katana dan Hiragana hanya mewakili satu bunyi tanpa arti. Walaupun kalimat dalam bahasa Jepang biasa terdiri dari Hiragana, Katakana dan Kanji, tetapi bisa juga cuma ditulis dalam Hiragana dan Katakana. Wah, boleh juga nih...
Sebelum belajar Kanji, ada baiknya kuasai dulu huruf Hiragana dan Katana, oke...?
Sekarang kita belajar mengenal huruf Katakana.
Ini dia 46 huruf Katakana:Jadi huruf Hiragana ada 46 dan huruf Katakana juga ada 46, wuih... buanyaknya...!
Bacanya gimana ya...?
Kalau dieja dalam alfabet, huruf Hiragana dan Katakana sesuai urutan di atas, berbunyi seperti dibawah ini:Koq dipisah-pisah sih?
Oke deh, biar enak dibaca, nih huruf kana (untuk menyebut keduanya) plus cara bacanya.

Huruf Hiragana:Huruf Katakana:Gimana, udah ngerti kan gimana baca huruf Hiragana dan Katakana?
Ayo belajar membaca lagi.....! :-)